Minggu, 08 April 2012

Resiko Bisnis Rental Mobil

Rental mobil atau sewa kendaraan bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Oleh karena itu banyak sekali penyewaan mobil di daerah-daerah kota besar juga kecil yang di buka sehingga membuatnya lebih mudah di temukan., rental mobil beresiko 1000% mobil hilang, dan insurance ga mau ganti kalo kehilangan karena mobil direntalkan namun banyak orang ingin sekali menggelutinya. Sebagian beranggapan bahwa bisnis rental mobil sangat mudah di kelola. Tinggal duduk manis,  Penyewa datang, Uang didapat. Namun Resiko bisnis ini begitu besar.
Resiko paling buruk dan ditakuti oleh semua pelaku bisnis ini adalah Kehilangan Mobil. Tidak menutup kemungkinan para pelaku kejahatan pencurian mobil ini memiliki target utama adalah Rental Mobil. Bagi anda yang akan menjalankan bisnis rental mobil, tips ini mungkin berguna bagi anda
  1. Jangan mudah percaya pada calon penyewa. Usahakan sedikit jual mahal, tidak menampakkan bahwa kita butuh pelanggan (padahal kita benar-benar butuh mereka)
  2. mintalah syarat (dokumen) yang lengkap kepada penyewa. Dokumen tersebut diantaranya: KTP (2 buah. untuk penyewa dan penjamin), SIM A (bukti bahwa penyewa bisa menyupir mobil), Kartu Keluarga (C1)
  3. Penyewa harus meninggalkan Jaminan berupa Kendaraan Bermotor Roda 2 lengkap dengan STNK nya. (usahakan nama pemilik sesuai dengan penyewa/penjamin)
  4. Untuk kewaspadaan, jika ada konsumen yang kurang dikenal, gunakan driver dari pihak kita. Jangan menyerahkan kunci kepada penyewa.
  5. Hindari sewa perorangan dalam jangka waktu lama. Banyak kejadian mobil anda disewa lama, ternyata oleh penyewa, mobil anda digadaikan, atau kadang disewakan lagi ke orang lain dengan tarif diatas tarif Anda.untuk menjaga hal ini bisa dilakukan dari pengamatan melalui GPS, misal di GPS terlihat mobil ada di kota Bandung, tetapi penyewa anda hubungi mengatakan mobil ada di semarang, ini bisa segera ditindaklanjuti.
  6. Pasanglah alat pengaman tambahan pada aset mobil agar dapat terus memantau keberadaan mobil secara realtime dengan memasang GPS, pasanglah GPS dua sekaligus di dua lokasi berbeda, untuk mengantisipasi bila salah satu GPS dilepas oleh pelaku kejahatan, GPS yang yang lain masih berfungsi.Saat ini banyak sekali dijual GPS untuk mobil, jadi bentuknya seperti kotak kecil, bisa ditaruh di tempat tersembunyi dalam mobil Anda, setelah itu dari depan komputer anda dirumah anda bisa melihat kemanapun mobil anda dibawa pergi, bahkan ada yang memiliki fitur record log, yaitu semua perjalanan dicatat, mulai dari rute, waktu, dan sebagainya. alat ini dijual dipasaran dengan harga 2-4juta.
  7. Pilihlah asuransi all risk, jadi segala resiko akan dicover asuransi, Anda bisa menkonsultasikan dengan agen asuransi, meski keluar biaya lebih banyak, tetapi yang penting aset Anda aman. ika terjadi kerusakan (tabrakan, pengerusakan bahkan kehilangan kendaraan) biasanya menjadi tanggung jawab yg punya mobil (pe rental) dan pihak penyewa hanya membayar klaim asuransinya. Pihak Asuransi akan mengganti kerusakan jika kita dari awal kita mengasuransikannya menggunakan rate rental (memang lebih mahal),  contoh : utk rate asuransi mobi pribadi sekitar 3%,  utk rate asuransi mobil yg dirental 5%

1 komentar: